Selasa, 18 Mei 2010

Tah Hwe


Tah Hwe artinya menginjak bara. Suatu upacara yang diadakan setiap tahun pada tanggal 16 bulan 3 berdasarkan perhitungan Tionghoa. Tujuannya adalah untuk memberi kesempatan kepada umat untuk membersihkan diri dari segala hal yang dianggap ‘kotor’.
Upacara Tah Hwe diadakan untuk memperingati hari ulang tahun Ceng It Thian Kun, sang dewa kekayaan.
Ritual menginjak bara dilakukan oleh orang-orang yang disebut tang sin. Mereka adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan spiritual untuk dimasuki roh suci seorang dewa.
Dengan berbekal keyakinan teguh akan perlindungan kong cou Ceng It Thian Kun, para tang sin ini melangkahkan kaki ke atas bara menyala yang telah disiapkan dan berlari di atasnya tanpa menggunakan alas kaki.
Setelah upacara ini selesai, ada ritual lain yang harus dijalani, yaitu mandi minyak. Sebuah tungku besar dari susunan batu bata disiapkan untuk memasak minyak tersebut. Sebelumnya, tungku tersebut disembahyangi dengan bakaran hu, sebuah kertas kuning berisi tulisan mantra. Tulisan dalam kertas ini menggunakan darah lidah tang sin, dikerat menggunakan pedang pusaka khusus untuk upacara, yang dinamakan po kiam.
Minyak goreng dipanaskan di dalam kuali bersama ramuan daun-daunan berkhasiat. Setelah mendidih, para tang sin memercikkan minyak tersebut ke tubuh mereka masing-masing.
Minyak yang tersisa dibagikan kepada umat yang memintanya. Minyak ini berfungsi sebagai minyak gosok yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar