Senin, 26 April 2010

Cap Go Meh












Cap Go Meh berarti hari kelima belas Tahun Baru Imlek. Dan dikenal sebagai hari terakhir masa perayaan Imlek. Hari ini juga merupakan saat bulan purnama penuh pertama dalam tahun baru. Perayaan ini juga disebut dengan perayaan lentera atau shang yuan; tahun baru kecil atau xiao guo nian.
Ada beberapa versi sejarah mengenai perayaan Cap Go Meh. Salah satu versi menyebutkan perayaan ini diadakan untuk memperingati lahirnya Siang Goan Thian Koan atau dewa yang memelihara langit dan bumi, yang datang ke bumi untuk mengampuni umat manusia.
Cap Go Meh biasanya diisi dengan berbagai macam kegiatan, seperti wayang potehi, gambang kromong, tanjidor, pertunjukan tari barong dan liong. Selain itu pada hari ini juga biasa diadakan acara jamuan makan besar. Lontong Cap Go Meh adalah makanan khasnya.
Ketika Keppres no 6, tahun 2000 dikeluarkan perayaan Cap Gomeh di Indonesia dapat menghirup udara segarnya kembali. Cap gomeh kemudian menjadi salah satu acara street festival yang paling ramai di Indonesia.

Note:
Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar